- Home>
- Fashion and Style Zone , My Zone >
- Online Shop Nggak Becus!
Juli 26, 2013
Sobat aku mau share sesuatu. Aku sebal banget sama online shop ini. Dia ini buka olshop di FB jual sepatu, sandal, pokoknya footwear gitu, ada tas juga, cuma jarang. Sistem yang dia pakai PO biasanya. Aku nggak berani PO, secara aku banyak baca di wallnya tentang segala
macam keluhan sobat-sobat lain yang beli di dia pakai sistem PO dan yang aku lihat dia lebih gencar
promosi dibanding pertanggungjawabannya. Katanya sih untuk PO butuh waktu 14-18 hari selesai (tapi banyak yang marah-marah karena jadinya ada yang 3 bulan juga) :p
Kebetulan nih, kebetulan dia punya ready stock kali ini dan aku suka sama satu sepatu. Jadi aku langsung aja nanya gitu sama dia. Siapa tau kan dia lebih bisa diandalkan di ready stock. Karena aku tau PO emang butuh waktu apalagi kalau yang beli banyak.
Aku cuma mau memastikan apakah benar, setelah melakukan transfer barang langsung dikirim. Alias, barangnya memang ada di tempat dia, bukan ambil lagi di gudang dan sebagainya, jadi dia bisa sekalian langsung cek stock dan sebagainya. Bukan apa sih, kata orang sebelum membeli kan kita harus tau kepastian terlebih dahulu agar ke depannya enak. Kepastian itu sangat penting kan sobat? :(
Jadi dia balasnya gini (percakapan aku dan dia - semua hasil capture) :
Case 1 : Langsung kirim, persis sama seperti foto dan termasuk aksesoris sepatu.
Sepatunya harganya agak mahal untuk ukuran sepatu sebenarnya, 400 ribu ke atas. Tapi karena aku suka jadi ya udah deh mahal nggak apa-apa, bukan tiap hari juga beli sepatu. Lagian aku juga memang lagi perlu sepatu baru. Aku cuma harap bisa cepat sampai di tangan untuk barang seharga begitu dan semoga aja pelayanannya juga setara dengan apa yang udah aku keluarkan.
Untuk itu, aku coba SMS lagi orangnya untuk menanyakan pertanyaan terakhir aku di FB yang belum dia jawab. Aku pikir siapa tau dia sedang nggak online, mumpung dia punya nomor buat di SMS ya udah aku hubungi via SMS.
Karena aku udah dapat kepastian dari dia, akhirnya aku membulatkan tekad buat membelinya. Jujur aja, aku nggak pernah beli sepatu semahal itu dalam hidupku sampai sekarang. Selama ini aku pakai sepatu jangkauan di bawah 300 ribu. Itu aja udah cukup bagi aku. Tapi sekarang banyak sepatu model hak tinggi semua yang aku nggak suka banget, jadi ya aku terpaksa cari di luar. Haknya itu banyak banget yang seperti tiang itu lho sobat, heel begitu aku paling nggak sanggup. 4cm itu bagiku udah susah banget buat dibawa jalan, berat, dan kaki jadi cepat pegal.
Nah sobat, aku nggak mengada-ada. Ini bukan pertama kalinya aku shopping online. Karena kesibukan jadi aku sering belanja online. Beberapa memang lebih murah dan aku nggak perlu susah-susah berdempetan sana sini atau berpanas-panasan untuk belanja. Terkadang juga barang yang ingin aku beli nggak bisa aku dapatkan. Ini yang buat jenuh. Dan aku nggak ngerti apa yang ada di pikiran dia ya. Mungkin juga dia mikir aku baru pertama kali belanja online. Apa aja bisa seenaknya keluar dari mulut dia. Maksudnya, dia ngasih aku ongkir seharga 60.000 karena aku minta yang sehari sampai!
Ini SMS aku sama dia :
Nggak masuk akal banget kan? Aku sampai shock dibuatnya. Lagian aku bukan orang yang katrok di dunia internet, aku bisa dong ngecek ongkir sendiri sebelum aku beli. Jarak kota dia dengan kota aku nggak begitu jauh dan bukan juga kota-kota terpencil.
Di FB dia bilang kalau dia kirim pakai TIKI :
Sedangkan yang dia berikan padaku itu pakainya YES (Yakin Esok Sampai). Buat yang nggak tau, YES itu jenis service yang diberikan oleh JNE, bukan TIKI. Dia kan bilangnya TIKI, kalau TIKI jenis service yang sehari sampai itu kan ONS (Over Night Service).
Aku udah sering pakai keduanya, baik JNE ataupun TIKI dengan jenis service yang berbeda pula. Aku mulai belanja online sejak tahun 2006. Masak iya aku nggak bisa ngebedainnya?
Case 2 : Sembarangan kasih tarif ongkir dan awalnya bilang pakai TIKI tiba-tiba konsumen dipakaiin JNE.
Di sini aku mulai ragu. Tapi aku pikir, tenangkan hati. Siapa tau dia lagi puasa, aku kan nggak tau juga (tapi dari namanya sih kayaknya bukan dari orang yang ikut puasa). Jadi aku tanya lagi sama dia..
Ngeyel lagi. Aku pengen sehari sampai kan bukan berarti jenis paket yang aku mau adalah YES. Lagian aku mintanya TIKI seperti yang selalu dia bilang itu, tapi yang dia kasih ke aku malah tarif JNE yang harga ongkirnya 2 kali lipat dari harga ongkir yang sebenarnya. Maksudnya apa gitu, aku pikirnya juga jadi nggak enak banget.
Harga ongkir JNE yang sebenarnya :
Harga ongkir TIKI yang sebenarnya :
Balik lagi, aku kan lebih tenang setelah cek ongkir TIKI lebih murah daripada JNE. Siapa yang nggak mau? Tapi alih-alih dia kasih aku TIKI, dia sendiri menjilat apa kata dia. Katanya dia pakai layanan TIKI tapi dia pakaikan aku ongkir JNE. Ok, kalau memang dia maunya JNE. Sudahlah. Berusaha bersabar.
Tapi sekali lagi, dia ketahuan banget kan sembarang kasih ongkir. 1 kg sepatu ongkir 2x lipat. Udah itu ongkir yang harusnya 32.000 dia naikin jadi 35.000. Memang sih beda 3.000 saja. Tapi, buat sebuah pengiriman, 3.000 itu udah berbeda banget sobat. Beda segitu biasanya jenis paketnya juga berbeda.
Dia masih ngeyel, dia nggak mau kasih 32.000. Dia juga nggak pernah bilang di FB atau di mana-mana kalau ada tambahan biaya administrasi atau apalah. NGGAK PERNAH ADA!
Case 3 : Udah salah ngeyel lagi. Lalu tarif ongkir tetap dinaikkan tanpa bilang itu buat apa dan di FB atau di mana-mana dia nggak pernah kasih keterangan kalau emang ada penambahan ongkir.
Ok, aku masih bisa nahan marah. Anggap aja itu uang buat beli kopi. Tapi masakan iya sih, jualan sampai kayak begitu??? Nggak becus!
Maksudnya, jangan pikir orang berani bayar bukan berarti boleh langsung minta seenak hati. Aku nggak tau apa sobat pernah dapat yang kayak begini orangnya. Benar-benar menyebalkan. Ngeyel dan ngeyel terus.
Ini aku udah transfer, dia cuekin. Sebelum transfer, gencar euy balasnya. Setelah transfer dicuekin. Lihat saja dari awal sampai akhir jarak waktu dia nge-reply. Ini benar-benar tipe yang paling paling paling aku benci. Kesannya menganggap orang remeh.
Mulai dari sini aku udah hampir meledak. Kesal gitu. Tapi masih berusaha dan berusaha manahan amarah.
Case 4 : Cuekin konsumen setelah konsumen melakukan pembayaran. Konsumen konfirmasi nggak dibalas. Malah bilangnya seakan-akan barang tersebut nggak ada di tempat dia dan mesti cek lagi.
Case 5 : Bilangnya sudah dikirim tapi kapan dikirim tidak jelas. Nomor resi tidak diberikan walaupun ditagih-tagih. Kirim 1 hari sampai sampai sekarang sudah hari ketiga setelah melakukan pembayaran, barang belum sampai di tangan. Di SMS di FB pun nggak ada balasan.
Ini udah kepalang kesal, kesalnya udah nggak nanggung-nanggung lagi. Anjrit! WTF!
Katanya ready. Ini dikabarin kalau udah ready. APAAN!!
Cek transferan masak dia pake 3 bank dia mesti bolak balik bank buat ngecek saldo sama siapa-siapa yang transfer gitu dan nggak punya Internet Banking? Nggak lucu banget rasanya! ALASAN!
Mana buktinya langsung kirim, jilat itu ludah sendiri.
Bagi dia mungkin uang harga segitu nggak seberapa, tapi bagi aku itu berharga banget. Jadi jangan campakin orang gitu aja! Sh!t
Percuma aku bayar sehari sampai kalau begitu mah.
Ini dari FB aku tanyain terus nomor resi nggak dikasih-kasih juga.
Bilangnya udah kirim, mana buktinya??? Harusnya udah sampai secara YES kan. 1 Hari sampai, SAMPAI SEKARANG TULISAN INI DIPUBLISH MASIH BELUM SAMPAI DI TANGAN GW! Jangan-jangan dia kirim pakai yang biasa lagi.
Inu banget deh orang itu.
Jangan kasih ke aku janji-janji palsu. Ngeselin banget sobat... :(((
Udah ngeyel nambah-nambahin ongkir seenaknya, pelayanan macam begitu pula.
Nggak banget pokoknya, KAPOK!
Nggak sudi lagi aku belanja sama dia.
Nggak itu PO, nggak itu ready stock, semua nggak ada yang bisa diharapkan.
Dang it!
Malam ini aku kesal banget sobat, benar-benar kesal sampai ke ubun-ubun.
UPDATE : 27 Juli 2013
Sampai sekarang SMS belum dibalas, FB juga belum dibalas.
Aku sengaja cari di Google, eh ketemu online shop sepatu ini masuk KOMPAS dan dikatain penipu sama salah seorang konsumennya. Capturenya udah aku dapat.
Kalau memang hari ini nggak ada kejelasan akan aku beberkan nama online shopnya karena dia buka dari jam9 pagi sampai sekarang tetap nggak balas. (-.-)
Update lagi
Jam 11 lewat tadi dia balas SMS aku katanya "hari ini kirim say"
Trus yang hari Kamis itu apa???
Jadi selama ini nggak diproses? Ternyata dugaan aku benar.
Ok, sekarang aku nggak mau pake sensor lagi, PERCUMA!
Aku SMS kembali dia. Aku bilang dia udah bohong sama aku. Pokoknya aku nggak mau tau lagi, aku minta duit aku dibalikkan lagi ke rekening aku. Aku beri waktu tempo maksimal hari Senin. Aku nggak peduli dia mau kirim atau nggak setelah aku reply sms dia (baca di capture di bawah) untuk balikin duitku saja. Pokoknya aku nggak suka banget sama pembohong yang ngumbar-ngumbar janji belaka.
Buat yang bersangkutan, Anda nggak ngerti betapa orang susah dapatin duit begitu. Nggak menghargai jerih payah orang lain. Kalau memang nggak mampu melayani online, ngapain buka online shop. Online shop itu bukan tempat mengumbar janji belaka. Online shop itu modal kepercayaan. Saya percaya sama Anda makanya saya membeli di Anda tapi Anda menyalahgunakan kepercayaan yang sudah saya berikan pada Anda. Anda bisa tur ke luar negeri ke sana kemari, bagi Anda duit segitu nggak seberapa. Tapi bagi saya itu berharga apalagi Anda bilang apa saya sudah lakukan semuanya.
Berita di Kompas yang saya capture, karena emang nggak ada kejelasan jadi ini lumayan buat aku was-was. Aku nggak mau dibilang hanya bohong belaka. Wajar aku khawatir karena ini belum case closed kan?
Google itu sumber informasi. Jadi aku coba cek yang mengadukan surat pembaca ini. Dia sempat kirim ke wall si empunya olshop ini tapi begitu diklik halamannya udah gak ada alias dihapus. Tapi bukan Google namanya kalau nggak bisa pakai cache.
Dia bilang kirim dan kirim. Minta resi nggak dapat dan komen dihapus ini aku dapat dari log aktivitas FB aku. Ternyata dihapus karena masalahnya dia belum proses, belum dikirim, jadi mikir aja deh..
Jadi salahkah saya? Ini salah siapa?
1 kata maaf pun nggak ada. Yang ada aku takut nyinggung dia aku udah selingi dengan kata maaf berapa kali.
Biarpun dia minta maaf sekarang pun PERCUMA. Udah gitu aja terus.
Ini saya tulis di wallnya trus dihapus sama dia. Sekarang nggak ada lagi. Mau menghilangkan jejak ya? Dia online tapi nggak membalas cuma menghapus komen saya di wall dia :/
UPDATE : 27 Juli 2013
Sampai sekarang SMS belum dibalas, FB juga belum dibalas.
Aku sengaja cari di Google, eh ketemu online shop sepatu ini masuk KOMPAS dan dikatain penipu sama salah seorang konsumennya. Capturenya udah aku dapat.
Kalau memang hari ini nggak ada kejelasan akan aku beberkan nama online shopnya karena dia buka dari jam9 pagi sampai sekarang tetap nggak balas. (-.-)
Update lagi
Jam 11 lewat tadi dia balas SMS aku katanya "hari ini kirim say"
Trus yang hari Kamis itu apa???
Jadi selama ini nggak diproses? Ternyata dugaan aku benar.
Ok, sekarang aku nggak mau pake sensor lagi, PERCUMA!
Aku SMS kembali dia. Aku bilang dia udah bohong sama aku. Pokoknya aku nggak mau tau lagi, aku minta duit aku dibalikkan lagi ke rekening aku. Aku beri waktu tempo maksimal hari Senin. Aku nggak peduli dia mau kirim atau nggak setelah aku reply sms dia (baca di capture di bawah) untuk balikin duitku saja. Pokoknya aku nggak suka banget sama pembohong yang ngumbar-ngumbar janji belaka.
Buat yang bersangkutan, Anda nggak ngerti betapa orang susah dapatin duit begitu. Nggak menghargai jerih payah orang lain. Kalau memang nggak mampu melayani online, ngapain buka online shop. Online shop itu bukan tempat mengumbar janji belaka. Online shop itu modal kepercayaan. Saya percaya sama Anda makanya saya membeli di Anda tapi Anda menyalahgunakan kepercayaan yang sudah saya berikan pada Anda. Anda bisa tur ke luar negeri ke sana kemari, bagi Anda duit segitu nggak seberapa. Tapi bagi saya itu berharga apalagi Anda bilang apa saya sudah lakukan semuanya.
Berita di Kompas yang saya capture, karena emang nggak ada kejelasan jadi ini lumayan buat aku was-was. Aku nggak mau dibilang hanya bohong belaka. Wajar aku khawatir karena ini belum case closed kan?
Google itu sumber informasi. Jadi aku coba cek yang mengadukan surat pembaca ini. Dia sempat kirim ke wall si empunya olshop ini tapi begitu diklik halamannya udah gak ada alias dihapus. Tapi bukan Google namanya kalau nggak bisa pakai cache.
dan SMS dia sama saya tadi :
Komen yang dihapus sama dia |
Jadi salahkah saya? Ini salah siapa?
1 kata maaf pun nggak ada. Yang ada aku takut nyinggung dia aku udah selingi dengan kata maaf berapa kali.
Biarpun dia minta maaf sekarang pun PERCUMA. Udah gitu aja terus.
Ini saya tulis di wallnya trus dihapus sama dia. Sekarang nggak ada lagi. Mau menghilangkan jejak ya? Dia online tapi nggak membalas cuma menghapus komen saya di wall dia :/
Hilang kan? :( |
Saya komplain karena ada awal ada akhir. Sekali lagi buat yang bersangkutan, jangan perlakukan konsumen seperti itu! Saya cukup sakit hati dengan perlakuan Anda. Setiap hari saya tunggu dan tunggu tanpa ada kejelasan. Malahan saya belanja 1 juta lebih di online shop lain yang bahkan memakai JNE REGULAR hari ini pagi-pagi sudah sampai. Anda? Masih dalam gudang kali. Saya akan update di sini lagi untuk tahu kelanjutan apa dia balikkan duit saya apa nggak. Sampai sekarang dia masih belum reply SMS atau kiriman aku di FB dia (update : kiriman di wall sudah dihapus sama dia begitu juga capturean komen antara aku dan dia di foto sepatu tersebut). Pokoknya saya tunggu itikad baik dari dia.
UPDATE 28 JULI 2013
Aku diblokir dari Fanpage FB dia. Jadi aku nggak bisa komen lagi di sana.
Makin menjadi eh?
Kemarin dia ada di mention sama salah seorang sis dari grup FB, tapi dia nggak niat balas juga walaupun dia online.
Tapi dia onlinenya buat update dagangan dia dan menghapus komen aku semua, baik di foto sepatunya maupun di wall dia.
Wah aku jadi berpikir makin negatif nih.
Nggak ada kejelasan, komen dihapus, diblokir dari Fanpage dia, SMS nggak dibalas, resi nggak dikasih, meragukan apa uang aku yang sejumlah 460.000 itu niat dibalikin sama dia.
Lucu ya, hanya gara2 masalah sebuah sepatu jadi runyam seperti itu.
Padahal aku percaya sama dia. Tapi kok dia begitu?
Aku jadi mikirnya line SMS itu dibuka buat apa?
Update lagi
Barusan, jam 1.35 siang orang JNE datang dan ternyata itu sepatu yang aku pesan di sana. Ternyata dia nggak niat balikin duit aku dan tetap kirim sepatu. Kotaknya hancur abis, nggak sebanding sama apa yang sudah aku keluarkan, tapi ya udah deh.
Dan menurutku ya, kalau memang gentle, pajang aja komen komplain yang ada karena kalau sebagai olshop berbuat salah, wajar dikomplain. Kalau nggak mau trus menghilangkan dan memblokir orang yang komplain, itu sombong namanya. Apalagi udah salah nggak pernah minta maaf, tapi masih congkak.
Ternyata kredibilitas sebuah olshop nggak ditentuin hanya dengan testi aja. Memang sih nggak semua mengalami. Yang pernah mengalami pasti tau sendiri bagaimana rasanya menunggu tanpa ada hasil, dijanjikan dengan ketidakpastian. Banyak kok fanpage FB lain yang dikomplain, nggak itu fanpage gede atau kecil, tapi mereka nggak hapus komen dan cuekin konsumennya seperti ini. Kalau memang belum kirim ya bilang dan jangan bohong please, apa sih susahnya ngomong? Jangan ngomong seperlunya aja pas ditanya barangnya berapa atau cuma saat promosi gencar ngomongnya sementara waktu ditagih janjinya trus diam dan bohong itu kan nggak baik. Dan bukan juga dengan sampainya barang tersebut trus kejadian seperti ini kayak nggak pernah terjadi. Cuma aku nggak mau terlalu perpanjang masalah. Aku terima aja ini sebagai pelajaran ke depan.
Aku berasa muna kalau ngaku dengan dikirimnya sepatu tersebut masalah langsung selesai gitu aja. Jujur dalam hati aku nggak bisa gitu aja dengan mudah melupakan. Biar rasa itu hilang sama waktu aja.
Aku anggap kasus ini selesai aja dan aku jadiin pengalaman dan ambil hikmahnya, lain kali nggak usah beli di sana -.-
Hanya sekedar ngasih tau by SMS aja susah banget. Capek.
Buat para online seller, komunikasi itu sangat penting. Jangan pernah biarkan seller buyer lost contact, cuekin, dsb.
Buat para online buyer, selalu pastikan mencari di Google sebelum membeli.
Buat semua yang udah mendukung dan membantu - si om Google, tanpanya aku nggak bakalan bisa tau ini semua ; buat admin dan teman-teman di grup FB TACCO dan BlacklistandWhitelist ; buat semua readers maupun pengunjung yang udah bersedia meluangkan waktunya kemari - terima kasih banyak.
Tanpa kalian I got nothing. From the bottom of my heart, thank you so much. God Bless You all.
Case closed.
{ 15 komentar... read them below or Comment }
Question, Constructive Suggestion, Feedback are welcome :)
Spam, Ads, Flood, Bot will be DELETED without any further confirmation. Do NOT use bad word, please :)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
wah sis untung kamu ud post dlu yg jelek ttg dia.ak ga jd belanja. ak smpt nyesel beli sepatu dr korea asli hrgnya 500rb. tp bgtu tau dia bisa made by order ak lsg nyesel knapa ga beli di dia aja.. tp sm aja ni.. masa ongkir aja nipu..klo ongkr ud ga sesuai web jgn dbeli sis. pasti ujung2nya ga baik..
BalasHapusNah itu sis, aku nyesel banget pokoknya.
HapusNggak lagi deh sis. Kapok aku.
Aku kadang biarpun mahal kalau emang pelayanannya bagus ya nggak terlalu masalah. Tapi ini gimana?
Masa yang dikatakan toko gede kayak begitu. Dia toh ada di tag sis siapa itu namanya di FB, trus pas dia online dia nggak ada respon sama sekali juga. Malahan onlinenya buat updet jualan dan hapus komen. ih nyakitin hati banget.
mari kita bombing page FB dia!
HapusSis, nama FBnya apa ya?Di bandung kan?saya coba pancing pesan via COD ya spy tau alamat aslinya.Saya tinggal di bandung, di daerah cibaduyut. Sabar ya sis, usaha spt itu gak barokah. Salam :)
BalasHapuspaskal hypersquare B29. ga usah pancing COD sis. datengin aja lsg k paskal. bener ga tuh B29 emg ada toko/rumah dia atau ruko kosongan doank.. ni fbnya https://www.facebook.com/lollitashoes
HapusOK sis, nanti saya info ya, kebetulan baru kmrn beli happy call di paskal :)
Hapuslollitashoes sis. Iya dia punya toko nggak salah, tapi real apa nggak saya nggak tau. Makasih ya sis :')
BalasHapusIkut berpendapat, saya org Bandung dan pernah pesen sepatu di toko ini dengan langsung dateng ke tokonya di paskal sana. tapi itu udah taun 2009/2010 kali ya udah lama pokonya. Dulu rencananya mau aq ambil langsung aja sepatu jadinya tapi gak dibales2 dan tiba2 barang sampe rumah -+2 hri kemudian.
BalasHapusCuma sepatunya gak pernah saya pake sama sekali krn gak nyaman dan bentuknya agak aneh aja.
Saya bukan mau menjatuhkan tapi hanya berpendapat yg saya alami jg.
Toko asli, dia jual sepatu, tas, dan ada baju2 juga. Cuma 1x saya kesana buat nyobain itu.
Dari situ, saya punya ide pengen punya usaha buat sepatu. he he..
DIkejar aja sis ke tokonya.
ini nih yang bikin nama online shop jatuh,
BalasHapuspadahal tidak semua online shop itu kaya dia
wah hampir aja aku belanja di toko ini soalnya liat bisa custom made shoes-nya (lagi butuh boots agak spesifik sih >.<)
BalasHapusuntung aja ada post ini sis.. thanks banyak loh xD
sama2 sis :)
Hapussaran aja sih sis, mendingan langsung beli di luar aja. kayak kata sis Le Vallene di atas. Ambil aja merek Kvoll. Bagus2 modelnya dan aku rasa harganya juga sebanding ^^
Hai sista salam kenal
BalasHapusItu fleur de liss shoes yg ada FB nya? Kan ya?
Hai sis ini yg fleur de liss shoes kan ya
BalasHapusHai sis ini yg fleur de liss shoes kan ya
BalasHapusHai sista salam kenal
BalasHapusItu fleur de liss shoes yg ada FB nya? Kan ya?